Your Ad Here

Istilah yang umum pada DNS

SOA MNAME
Merupakan nama domain yang dibuat. Selalu diakhiri dengan tanda titik yang berarti domain tertinggi. Sebelum tanda titik terdapat top level domain, kemudian diikuti oleh domain yang lebih rendah. Contoh “test.com.”, “test2.co.id.

SOA RNAME
Merupakan email address dari orang atau organisasi yang bertanggung jawab pada zona ini. Format field ini berbeda dengan format email biasa (yaitu memakai tanda '@'). Format yang digunakan dalam field ini adalah mailbox-name.domain.tld. Misalnya “itsnet.its.ac.id” akan ekuivalen dengan “itsnet@its.ac.id”

SOA Serial Number
Merupakan field yang menunjukkan serial number dari DNS server. Field ini berisi nilai unsigned 32 bit mulai dari 1 hingga 4294967295 dengan jumlah increment maksimal 2147483647. Dalam implementasi BIND (Berkeley Internet Name Daemon), field ini didefiniskan dalam 10 digit. Format yang paling populer dalam penamaan serial number ini adalah yyyymmddss dengan yyyy adalah tahun, mm adalah bulan, dd adalah tanggal, dan ss adalah jumlah perubahan yang dilakukan pada hari itu. Nilai dari field ini harus diubah ketika terjadi perubahan pada zone file. Perubahan ini wajib dilakukan karena server lain menyimpan informasi mengenai zona berdasarkan serial number. Selama serial number server tidak berubah, maka data di cache juga tidak akan berubah.

SOA REFRESH
Merupakan waktu jeda yang diperlukan Secondary Name Server untuk melalukan pemeriksaan zone file dan serial numbernya, dalam detik.

SOA RETRY
Merupakan Waktu jeda yang diperlukan untuk menunggu response balik ketika terjadi refresh, dalam detik.

SOA EXPIRE
Merupakan Lama waktu yang diperlukan Secondary Name Server untuk mempertahankan zone file yang terakhir direfresh dari Primary Name Server, jika melewati batas maka zone file akan dihapus.

SOA MINIMUM TTL
Merupakan mendefinisikan nilai default TTL (Time To Live) untuk semua resource record pada zone file.

CNAME
CNAME, Canonical Name for Alias, merupakan Nama alias atau nama lain dari sebuah nama host. Formatnya adalah:
CNAME

MX
Menandakan bahwa host tersebut merupakan koneksi mail. Formatnya adalah sebagai berikut:
[domain-name] IN MX [Preference] [Exchange]
Dimana:
Preference adalah 16 bit integer yang menunjukkan preferences dari suatu domain dengan domain lainnya. Semakin kecil nilainya maka preferencesnya semakin bagus.
Exchange adalah domain yang akan menangani mail exchange untuk owner name

A
Merupakan singkatan dari Address of dari IP yang disebutkan sebelumnya.

PTR
Merupakan penunjuk bahwa nama dari address yang disebut sebelumnya memiliki IP yang disebut setelah tanda PTR ini.

AAAA
AAAA adalah record seperti record A yang menunjukkan alamat class alamat IPv6 yang spesifik dengan data format 128 bit (sesuai dengan format bit Ipv6).

TXT
TXT adalah record yang menunjukkan text strings, digunakan untuk menangani teks yang berisi deskripsi suatu domain. Semantiknya tergantung dengan domain name dimana teks ditemukan.

Beberapa Istilah Lainnya :

Bind
BIND (Barkeley Internet Name Domain) merupakan system DNS yang paling banyak dipergunakan. Awalnya hanya dipergunakan pada BSD Unix, akan tetapi sekarang dapat ditemui pada hampir semua system Unix dan Linux.

FDNS (Full Domain Name Server)
Sebuah service yang berjalan dengan sebuah small group of unix junkies untuk membuat sebuah simple system similar ke old ML.ORG system untuk menunjuk host atau subdomains ke IP address.

Master
Merupakan jenis dari name server yang membaca informasi zone dari file yang berasal dari mesinnya sendiri (localhost)

Slave
Merupakan jenis dari name server yang membaca informasi zone dari file yang dikirimkan oleh master. Ketika slave name server dinyalakan, dia akan bertanya pada master name server, apakah ada zone file yang harus di load. Apabila ada master name server akan mengirimkan zone file nya. Proses ini dinamakan zone transfer

Zone
Merupakan informasi tentang beberapa bagian domain name space yang dimiliki oleh name server. Zone dapat diload dari file atau dikirim dari name server lain

Name Server
Program yang menyimpan informasi tentang nama domain disebut name-server.

0 Comments:

Post a Comment




Your Ad Here

Recent Post

Recent Comments