Your Ad Here

Noise dan GrayScale

Noise
Noise dapat ditemukan saat telah memprose suatu citra atau gambar. Noise pada citra ini mubcul karena oerbedaan intensitas atau dikarenakan ada objek lain yang digambarkan sebagai titik –titik warna lain. Untuk memuhadahkan proses selanjutnya, maka noise ini harus direduksi. Pereduksian noise dapat dilakukan dengan berbagai cara, misal filtering atau smoothing dengan gasussian filter.

GrayScale
Proses awal yang banyak dilakukan dalam image processing adalah mengubah citra berwarna menjadi citra gray-scale, hal ini digunakan untuk menyederhanakan model citra. Seperti telah dijelaskan di depan, citra berwarna terdiri dari 3 layer matrik yaitu R-layer, G-layer dan B-layer. Sehingga untuk melakukan proses-proses selanjutnya tetap diperhatikan tiga layer di atas. Bila setiap proses perhitungan dilakukan menggunakan tiga layer, berarti dilakukan tiga perhitungan yang sama. Sehingga konsep itu diubah dengan mengubah 3 layer di atas menjadi 1 layer matrik gray-scale dan hasilnya adalah citra gray-scale. Dalam citra ini tidak ada lagi warna, yang ada adalah derajat keabuan.
Untuk mengubah citra berwarna yang mempunyai nilai matrik masing-masing r, g dan b menjadi citra gray scale dengan nilai s, maka konversi dapat dilakukan dengan mengambil rata-rata dari nilai r, g dan b sehingga dapat dituliskan menjadi:




Source : Pengolahan Citra Digital menggunakan Visual Basic, Achmad Basuki, Josua F. Palandi, Fatchurrochman.

4 Comments:

Anonymous said :

hi...lam kenal..
ni lu kutip dari buku...
"Pengolahan Citra Digital menggunakan Visual Basic"
Karangan Achmad Basuki, Josua F. Palandi, Fatchurrochman.
Penerbit Graha Ilmu.

Soale skripsi gw ada yg bahannya gw kutip dr tuh buku.

Iya juga sih, soalnya Pak Achmad Basuki itu dosen pembimbingku and dalam TA-ku juga aku kutip buku itu. Pas posting lupa ga tak kasih referensi.

Anonymous said :

mas, saya bisa minta emailnya pak achmad basuki? saya pengin konsultasi untuk tesis saya...berkaitan dengan pengolahan citra digital dengan VB. terimakasih.

pramesthie said :

mas, bisa minta emailnya pak Achmad Basuki, karena saya sedang menyusun skripsi tentang pengolahan citra dengan menggunakan VB... Terima Kasih

Post a Comment




Your Ad Here

Recent Post

Recent Comments