Your Ad Here

Edge Detection

Edge detection atau deteksi tepi adalah proses yang sering digunakan saat pengolahan image. Edge detection dapat diartikan sebagai pelacakan atau pendeteksian sudut-sudut suatu object dalam sebuah image dimana sudut-sudut tersebut dibedakan berdsarkan perbedaan nilai R, G dan B masing-masing pixel. Tujuan dari deteksi ini adalah untuk mengurangi kompleksitas gambar dengan menampilkan bagian gambar yang memiliki frekuensi tinggi.

Proses Deteksi Tepi

Disini digunakan konvolusi jadi tergantung dengan kernel yang digunakan. Image diproses dengan mengalikan convolv kernel maka daerah tepi tiap objek pada gambar akan terlihat jelas, karena pada intinya proses edge detection ini akan mendeteksi tiap daerah yang memilki intensitas perbedaan warna atau pencahayaan. Maka daerah objek atau gambar dari background dengan tulisan memilki perbedaan intensitas makanya dapat dideteksi dengan jelas, jadi kelihatan tiap terjadi perbedaan. Dalam proyek akhir ini dilakukan pengurangan warna, yaitu hanya warna grayscale saja sehingga sebelum dilakukan proses, gambar di grayscale dulu.

Bila digambarkan maka proses filter di atas mempunyai masukan dan keluaran sebagai berikut:

Input dan output edge detection

4 Comments:

mas kalo yang lebih lengkap ada ndak..??flowchartnya per operator..?
kalo ada kirim ke sophan@akakom.org
makasih....

Anonymous said :

mas, saya kebetulan sedang membuat skripsi mengenai edge detection...saya boleh tau ngga refrensinya yang lebih lengkap berikut dengan algoritmanya yang menggunakan VB 6.0...kslo sds mas tolong banget dong kirimin ke email saya di jayakashita@yahoo.com

makasih banyak ya mas......

Anonymous said :

mas klo analisis pada tiap2 metode deteksi tepi itu, parameter yg digunakan untuk mengukurnya apa??
klo cm dilihat pake kasat mata aj pasti jawaban tiap berbeda..
jd bagaomana mas??
makasih...
tolong dikirim ke email saya..
de_lot_bolot@plasa.com

Anonymous said :

mas, saya sedang membuat skripsi tentang edge detection..
saya boleh minta referensi yang lengkap gak mas?terutama yang operator roberts dan prewitt..saya rencana mau buat nya pake delphi.ada saran lain gak mas?
tolong kirimin di email saya di greennyta_cute@yahoo.com
makasi ya mas sebelumnya..

Post a Comment




Your Ad Here

Recent Post

Recent Comments